15 Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Aceh adalah Provinsi terujung di pulau Sumatera beribukotakan Banda Aceh. Kalau selama ini Anda hanya mengenal Aceh sebagai tempat wisata religi saja, artinya Anda belum cukup mengenal daerah ini. Aceh tak hanya menyuguhkan keindahan alamnya saja, Provinsi yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat ini juga punya segudang pilihan oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang yang tidak akan dijumpai di tempat lain.

Penasaran ada oleh-oleh apa saja yang bisa Anda bawa pulang untuk orang-orang tercinta di rumah? Simak rangkuman 15 Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Wajib Anda Bawa Pulang dari Tim Rangers Mare’en berikut:

  1. Kerupuk Teripang Mare’en
  2. Kopi Gayo
  3. Kue Adee Meureudu
  4. Kue Bhoi
  5. Keumamah/Ikan Kayu
  6. Dendeng Aceh
  7. Ayam Tangkap Aceh Besar
  8. Nagasari Bireuen
  9. Pisang Salee
  10. Bakpia Sabang
  11. Keukarah Aceh
  12. Kue Timphan Aceh
  13. Dodol Aceh
  14. Roti Sele Samahani
  15. Kembang Loyang

 

1. Kerupuk Teripang Mare’en

Kerupuk Teripang Mare'en
Kerupuk Teripang Mare’en

Kerupuk Teripang Mare’en merupakan cemilan sehat berbahan baku teripang. Tersedia dalam 5 varian rasa; Rasa Cokelat; Original; Jagung Manis; Lada Hitam; dan Rasa Spicy.

Menariknya cemilan khas Aceh yang anti mainstream ini tidak mengandung bahan pengawet, penyedap, dan pewarna. Jadi aman dikonsumsi segala usia. Memiliki masa kadaluarsa 1 Tahun, dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp. 15.000 /pcs, jika dibandingkan harga teripangnya yang bisa mencapai 4 jutaan perkilo di pasaran, harga Kerupuk Teripang Mare’en sangatlah terjangkau. Cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Coba aja lagi!

Kerupuk Teripang Mare’en

 

Kerupuk Teripang Mare’en


Anda dapat memperoleh Kerupuk Teripang Mare’en dengan mendatangi langsung rumah produksinya di Jln. Kulu, no. 35 Seutui, Kec. Baiturrahman – Banda Aceh. Atau bisa juga membelinya di outlet-outlet cemilan khas Aceh dan seller resmi Kerupuk Teripang Mare’en seperti Souvenir oleh-oleh, minimart, reseller di Seluruh Aceh. Atau kunjungi official website-nya di https://mareen.co.id

2. Kopi Gayo

Kopi Gayo


Kalau berwisata Aceh, nama kopi memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, bahkan Aceh juga memiliki julukan sebagai daerah 1000 warung kopi, karena setiap sudut tempat pasti ada warung kopinya, jadi bagi pecinta kopi sudah menjadi barang pasti untuk berbelanja oleh-oleh ini.

READ  Manfaat Teripang

3. Kue Adee Meureudu

Kue Adee


Oleh-oleh khas Meureudu – Pidie Jaya ini dibuat dari tepung terigu dan singkong atau ubi sebagai pilihan rasanya. Nah, kue ini memiliki rasa yang gurih dari aroma bawang gorengnya. Kue Adee Meureudu ini merupakan penganan khas daerah Pidie Jaya yang sangat memanjakan lidah.

Jika kamu berkunjung ke Aceh, kue ini dapat ditemukan di outlet-outlet souvenir oleh-oleh di Peunayong-Banda Aceh, juga ada di sentra oleh-oleh di Jalan Banda Aceh-Lhoknga, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

4. Kue Bhoi

Kue Bhoi


Kue Bhoi memiliki bentuk yang unik, ada yang berbentuk ikan, bunga atau bintang. Sajian ini sangat populer di masyarakat Aceh karena sering dijadikan sebagai hantaran saat acara pernikahan dan juga sebagai kue lebaran.

Oleh-oleh ini bisa dibeli di tempat-tempat oleh-oleh di Aceh

5. Keumamah/Ikan Kayu

Keumamah


Keumamah atau ikan kayu ini juga merupakan makanan favorit di Aceh, terbuat dari ikan tongkol yang disiangi dan ditaburi garam untuk kemudian direbus, dibuang tulang tulangnya, dijemur, lalu setengah kering dirajang, dan dijemur kembali. membutuhkan 3-4 hari proses agar mendapatkan keumamah dengan kualitas yang maknyus.

Untuk mendapatkannya datang saja ke daerah Lampulo, berlokasi tepat di depan situs tsunami yaitu tempat wisata boat di atas rumah.

6. Dendeng Aceh

Dendeng Aceh


Oleh-oleh lainnya yang diminati wisatan yang berkunjung ke Aceh adalah Dendeng Aceh, terbuat dari olahan daging sapi yang diiris dengan tipis, lalu dikeringkan dan dicampur olahan rempah dan bumbu-bumbu tradisional. Sajian daging sapi yang diawetkan ini sangat cocok untuk dijadikan persedian lauk dirumah.

Anda dapat memperolehnya di toko-toko souvenir daerah Peunayong-Banda Aceh.

7. Ayam Tangkap Aceh Besar

Ayam Tangkap


Konon, sajian kuliner ayam tangkap dahulu kala memang dari Ayam yang langsung ditangkap di lokasi restoran atau rumah makan yang menyajikan menu ini. Namun karena banyaknya permintaan jadi cara ini kurang efektif. Namun nama ayam tangkap sendiri sudah meluas menjadi menu favorit masyarakat Aceh.

READ  Teripang!! Makanan Kelas Milyarder

Dibuat dari ayam kampung goreng yang dimasak dengan kari ayam, rempah-rempah khas Aceh, dan daun pandan. Dengan bumbu yang meresap ke daging ayam, menghasilkan rasa yang sangat gurih dan sedap.

Ayam Tangkap tersedia hampir di seluruh restoran atau rumah makan yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

8. Nagasari Bireuen

Nagasari Bireuen


Nagasari merupakan makanan khas asal Bireuen-Aceh ini adalah pilihan yang cocok buat Anda yang suka makanan yang legit, lumer dan lembut dengan aroma daun pandan yang khas memanjakan lidah Anda. Sajian ini terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang di tengahnya.

Kue ini dapat ditemukan di kota asalnya yaitu di Kota Juang-Bireuen.

9. Pisang Salee

Pisang Sale


Olahan makanan yang terbuat dari pisang yang dijemur setelah disisir tipis ini juga sangat digemari di Aceh.

Cemilan enak ini dapat Anda temukan di toko-toko souvenir di seluruh Aceh.

10. Bakpia Sabang

Bakpia Sabang


Kalau Jogja punya bakpia khas Asalnya, Aceh juga punya Bakpia Sabang – Aceh. Kalau Anda sedang berlibur ke Sabang dan ingin membawa pulang oleh-oleh ini, Anda dapat dengan mudah menemukannya di hampir setiap sudut kota ada yang menjualnya. Kalaupun Anda tidak sedang berlibur ke Sabang, Oleh-oleh khas dengan pilihan isi kacang hijau atau kacang merah ini pun dapat dengan mudah Anda temukan di kota Banda Aceh.

11. Keukarah Aceh

Keukarah


Sebagian wisatawan mungkin terheran dengan olahan kue Keukarah ini karena bentuknya yang unik dan rumit, ada yang menyebutnya kue sarang burung, karena memang tampak seperti sarang burung, namun di Aceh dikenal dengan Keukarah. Cemilan renyah yang terbuat dari tepung beras dan gula ini memiliki bentuk seperti bulan sabit dan ada juga yang berbentuk bintang.

READ  Mare'en, Kerupuk Teripang Aceh Pertama di Dunia

Tersedia di toko-toko souvenir di Aceh.

12. Kue Timphan Aceh

Kue Timphan

Sebagai salah satu kue tradisional yang sangat khas di Aceh, timphan menarik untuk dicoba. Biasanya, makanan ini disajikan saat hari raya Idul Fitri. Namun, siapa sangka jika kue legendaris ini bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Umumnya, kue ini mempunyai komposisi dasar ketan dan pisang raja. Kemudian, timphan akan diberi berbagai macam pilihan isi seperti parutan kelapa atau sarikaya. Teksturnya yang lembut dengan aroma khas pisang menjadi keunikan sendiri bagi kue timphan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi berbagai toko oleh-oleh yang tersedia.

13. Dodol Aceh

Dodol Aceh


Nama dodol mungkin sudah familiar di telinga Anda, namun Aceh punya dodolnya sendiri yang khas, biasa disajikan sebagai hantaran acara pernikahan, dihias sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Anda dapat memperoleh makanan ini di souvenir-souvenir Aceh, namun untuk hantaran acara pernikahan dengan bentuk dodol yang cantik dengan hiasan bunga di atas, Anda harus memesannya terlebih dahulu untuk dibuatkan.

14. Roti Sele Samahani

Roti Sele Samahani


Roti sele yang satu ini jangan sampai terlewatkan ketika berkunjung ke Aceh, biasa disajikan dengan kopi Aceh. Roti sele asal Samahani-Aceh Besar ini sangat diminati banyak orang karena rasa sele nya yang enak.

Dapat Anda dapatkan di tempat asalnya di Samahani, namun di sebagian tempat di Banda Aceh juga ada.

15. Kembang Loyang

Kembang Loyang

Salah satu pilihan sajian untuk hantaran acara pernikahan ini juga harus dicoba ketika berkunjung ke Aceh. Nama kembang loyang diambil dari bentuk kue sendiri yang menyerupai bunga, yakni bulat dengan ruji-ruji disekelilingnya. Bentuk ini didapatkan dari cetakan kue yang dipakai saat proses penggorengan kue yang gurih ini.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

11 thoughts on “15 Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Wajib Anda Bawa Pulang

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. I like the valuable information you provide in your articles.

  3. I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

  4. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

  5. What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this I have discovered
    It absolutely helpful and it has aided me out loads. I’m hoping to give a contribution & help different customers like its aided me.
    Good job.

  6. Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that
    it is truly informative. I am gonna watch out for brussels.
    I will appreciate if you continue this in future.
    Lots of people will be benefited from your writing.
    Cheers!

  7. I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is attractive, your authored material stylish.

    nonetheless, you command get bought an edginess over that you wish be delivering
    the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly a lot
    often inside case you shield this increase.

  8. Help deficiency is also fruitful buy cialis 20mg low cost also liberates ingrain topic during the occlusion and eliminates the.

  9. Link exchange is nothing else however it is only placing the other person’s website link
    on your page at proper place and other person will also do similar in support of you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *