9 Fakta “Edan” Bob Sadino Tentang Berbisnis

Meskipun tubuhnya tidak lagi menghirup kehidupan, namun prinsip hidupnya menjadi warisan yang berharga bagi banyak orang. Indonesia sangat merasa kehilangan seorang pengusaha inspirasional, yaitu Bob Sadino atau sering disebut sebagai Om Bob.

Selain dikenal sebagai ikon bisnis dan pembicara motivasi di berbagai seminar bisnis, sosoknya juga dikenal sebagai seseorang yang blak-blakan dengan statement keras dan penuh prinsip yang mungkin tidak biasa didengar banyak orang. Berikut ini 9 fakta edan Om Bob dalam berbisnis:

1. Berhasil itu tidak butuh tujuan.
“Memiliki sebuah tujuan tertentu menjadikan seseorang hanya tetap pada suatu titik. Dia tidak akan mencoba untuk mendapatkan hasil yang melebihi titik itu. Sedangkan potensi setiap orang sangat mungkin melewati titik itu. Jadi sayang sakali dong kemampuan saya jika harus dipaku dengan tujuan.”

Mare'en - Fakta Bob Sadino

2. Rencana adalah bencana.
“Bagi Bob Sadino rencana adalah bencana, Rencana itu hanya buat mereka yang belajar ilmu manajemen dari A sampai Z. Sedangkan dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tidak mungkin lurus dan hanya runut. Tapi sayangnya di sekolah kita terlalu sering diajari untuk membuat rencana. Padahal rencana itu beracun, bencana! ”

3. Kekayaan tidak memanjakanmu.
Meskipun ia hidup sebagai anak orang kaya, hal ini tidak membuat Bob manja. Dengan sebagian besar warisan yang ia terima dari orang tuanya, ia memilih untuk berkeliling dunia. Bob terdampar selama 9 tahun di Belanda untuk bekerja sebagai karyawan di perusahaan pelayaran. Setelah kembali ke Indonesia Bob banting kemudi menjadi pengusaha rental mobil Mercedes, dengan dirinya sebagai sopir. Selanjutnya, kondisi ekonominya sempat merosot dan ia memilih menjadi tukang batu dengan upah hanya Rp 100,00 per hari.””

READ  Soekarno dan Hatta diculik

4. Jika Anda ingin berhasil, Anda harus menemukan kegagalan dan kerugian.
“Orang sudah terlalu terbiasa berpikir secara linier. Jika Anda ingin bisnis, pasti mencari uang; mencari kesuksesan. Padahal dalam bisnis itu pasti ada yang rugi dan gagal kan? Bagi Anda yang ingin sukses, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu cuma sebuah titik di puncak gunung kegagalan.”

5. Urusan hitung-hitungan tak perlu dipikirkan.
“Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak memikirkan sebuah rencana sehingga dia tidak langsung melangkah. Padahal yang penting adalah action!!” Bisnis yang baik itu yang bisnis yang dijalankan, bukan yang ditanyakan terus. Bagi dia bisnis itu adalah tentang upaya melakukan apa yang mesti dilakukan, secepat yang dia bisa dengan sumber daya yang ia miliki. Jika kita cuma cari untungnya saja, usaha belum tentu dilakukan karena takut rugi. Namun kalau mencari rugi, usaha pasti dilakukan karena engga takut untung.”

6. Teori adalah informasi basi.
Karena perkuliahan hanya mengajari kita untuk tahu. Namun, jalanan mengajarkan kita untuk menjadi seorang perasa. “Kalau mahasiswa IPK-nya sudah 3 koma itu alamat jadi karyawan saja lah. Kalau mau jadi pengusaha, IPK jeblok saja. Karena dengan begitu mau tidak mau Anda akan ditolak perusahaan dan terpaksa menjalankan usaha sendiri.”

7. Menciptakan pasar sendiri adalah cara terampuh seorang pengusaha untuk sukses .
Bob Sadino pernah dianggap gila dan tidak akan bekerja dengan ide-ide bisnis peternakan ayam petelur. Tapi dia berhasil menangkis pandangan itu. Kemfood dan Kemchick adalah bukti kecerdikan Bob melirik peluang bisnis.

8. Jangan pernah menjadi ‘mesin fotokopi’.
Dia selalu menyarankan calon pengusaha untuk menjadi dirinya sendiri. Jangan pernah menjadi ‘mesin fotokopi’. “Saya tidak pernah mau berbagi kunci untuk sukses I. Karena sekali lagi, semuanya ya mengalir saja. Kemudian ketika seseorang mencoba meniru orang lain, lantas apa bedanya mereka dengan mesin fotokopi? Hina sekali jadi mesin fotokopi. Kalau ada yang tanya ke saya, saya berkata, “Ya jalankan saja. Alami saja pengalaman yang anda alami.”

READ  Fakta - Fakta Hebat B.J. Habibie yang Jarang Diketahui

9. Hingga akhir hayatnya, Bob Sadino tetap menjadi pribadi yang sedehana.
Sampai akhir hayatnya, Bob masih hidup dengan prinsip apa adanya. Pakaian dan penampilan tetap sederhana, masih stay dengan celana pendek khasnya.

Tagged

5 thoughts on “9 Fakta “Edan” Bob Sadino Tentang Berbisnis

  1. I’m not that much of a internet reader to be honest but your sites
    really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your
    website to come back later. Many thanks

  2. Thanks very interesting blog!

  3. Hello there! Do you use Twitter? I’d like to follow
    you if that would be okay. I’m undoubtedly enjoying your blog and look forward to new updates.

  4. wonderful points altogether, you simply won a brand new reader.
    What would you recommend in regards to your publish that you made some days ago?
    Any sure?

  5. My brother suggested I might like this blog. He was totally
    right. This post truly made my day. You can not imagine
    just how much time I had spent for this information! Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *