Fakta – Fakta Hebat B.J. Habibie yang Jarang Diketahui

Bacharuddin Jusuf Habibie; lahir pada 25 Juni 1936) adalah seorang insinyur kebanggan Indonesia yang juga merupakan Presiden Indonesia dari 1998 hingga 1999. Beliau menggantikan Suharto, yang mengundurkan diri pada tahun 1998. Kepresidenannya dilihat sebagai sebuah transisi pada era pasca-Suharto. Setelah menjadi presiden, ia meliberalisasi hukum pers dan partai politik Indonesia, dan mengadakan pemilihan demokratis awal pada tahun 1999, yang mengakibatkan berakhirnya kepresidenannya. Habibie merupakan Wakil Presiden dan juga Presiden Indonesia dengan masa jabatan terpendek, setelah kemerdekaan.

Mare'en - BJ Habibie Facts

Berikut ini adalah fakta-fakta hebat dari B.J Habibie yang jarang orang ketahui:

Pemegang 46 Paten

B. j. Habibie, adalah seorang pemegang 46 paten dunia di bidang teknologi penerbangan. Untuk saat ini tidak ada yang bisa menandingi.

Penemu Progresi Crack

Kenyataan bahwa Habibie adalah penemu Progresi Crack, yaitu solusi untuk kerusakan konstruksi balok di badan pesawat karena kelelahan.

Penemu Habibie Factor

Habibie adalah seorang penemu penjelasan sederhana tentang penurunan bobot pesawat hingga 25% dari total bobot sebelumnya sebelumnya.

Peraih gelar suma cum laude

Gelar Dokter Ingenieur Habibie di Jerman pada tahun 1965 dengan skor sempurna (1.0), suma cum laude.

Cerdas dan dapat dipercaya

Oleh Hamburger Flugzeugbau, Habibie dipercaya dapat memecahkan masalah akut stabilitas Fokker 28. Hanya butuh waktu 6 bulan sampai terpecahkan.

Perancang Dornier DO-31 Pesawat bersistem V/STOL

Pesawat Dornier DO-31 adalah rancangan Habibie yang ke-1, pesawat angkut pertama yang bisa lepas landas / pendaratan vertikal.

Ada sentuhan Habibie di NASA

Draf pesawat Habibie pada DO31 kemudian dibeli oleh NASA.

Pesawat tercanggih pada zamannya

Pesawat kreasi anak-anak bangsa yang dipimpin oleh Habibie. N250, pesawat baling-baling penumpang tercanggih pada zamannya zamannya.

READ  Fakta Steve Jobs yang Jarang Diketahui

teknologi 3 axis dan kontrol digital fly-by-wire.

pesawat N250 adalah pesawat baling-baling penumpang pertama dengan teknologi 3 axis dan kontrol digital fly-by-wire.

Bukan orang Jerman pertama yang menduduki posisi Wakil Presiden MBB

Pada tahun 1974, Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden MBB, industri pesawat terbang terbesar Jerman, bukan orang Jerman pertama yang menduduki posisi tersebut.

Berkesempatan mendominasi kategori pesawat turboprop dunia

Jika tidak ada krisis moneter, pesawat produksi N250 RI akan mendominasi kategori pesawat turboprop dunia, bukan ATR (Prancis).

Penerima nobel von Karman Award

pada tahun 1992, Habibie dianugerahi von Karman Award, Nobel-level di dunia penerbangan.

Merancang beberapa jenis pesawat

Pesawat rancangan Habibie selain N250 dan DO31 adalah Fokker F28, C-130, HansaJet 320, Airbus A300, CN235, dan Helikopter BO105.

Satelit luar angkasa Indonesia

Habibie pernah memiliki rencana buat satelit luar angkasa. Indonesia meluncurkan satelit pada tanggal 17 Agustus 1976, Indonesia merupakan negara ketiga yang memiliki satelit, setelah Amerika & Kanada.

Habibie effect, Indonesia jadi kebanggaan negara-negara Asia

Peluncuran Satelit Palapa pada tahun 1976, juga membanggakan banyak negara Asia. Peluncuran ini bahkan dipresentasikan di sekolah-sekolah di Asia Tenggara.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *