Petani. Pekerjaan Mulia Yang Mulai Ditelan Zaman?

Petani. Pekerjaan Mulia Yang Mulai Ditelan Zaman?

Saat dilontarkan pertanyaan seperti itu, kira-kira apa yang temen-temen fikirkan? Petani Singkong Mare'enWahh, “kayanya enggak deh, karna di daerahku masih banyak persawahan atau perkebunan yang setiap tahunnya dipanen”, atau “ya juga ya, di daerahku para pemudanya mulai sibuk berkerja keluar daerah. Dan petani di daerahku sudah mulai sepuh (tua) karena itu kemampuan mereka dalam bertani mulai sedikit kurang produktif dibanding dulu”.

Baru-baru ini, Raja (panggilan untuk kami Pengusaha Kerupuk Teripang Mare’em) sempat wawancara dengan seorang kepala desa di salah satu kabupaten Aceh. Katanya: “pemuda di kampung kami lebih memilih kerja di kantoran ketimbang meneruskan perkebunan milik orang tuanya. Ini bisa jadi salah satu ancaman dimasa depan, bisa jadi 20 atau 30 tahun lagi petani di kampung kami mulai punah hehehe”. Mimin salut dengan bapak ini, beliau masih visioner meski profesi yang ia geluti sudah mulai berkurang nilainya jika dikondisikan dengan situasi saat ini.

Berkurangnya minat pemuda untuk menggeluti profesi ini bisa jadi karena beberapa sebab, mungkin karena prosesnya lama, membutuhkan tenaga yang ekstra, atau mungkin karena harga jual menurun saat panen. Wahhh double anyep yaa hehehe… nah, sebenarnya sudah banyak lho hasil pertanian yang dikelola secara modern sehingga menghasilkan produk olahan yang keren habis. Temen-temen bisa juga ikut terlibat dalam dunia pertanian secara tidak langsung dengan cara memperoleh produk-produk olahan pertanian yang sudah dikembangkan untuk mendukung keberlangsungan pertanian yang ada di Indonesia. Seperti olahan kerupuk teripang mare’en, produk ini menggunakan hasil dari pertanian sagu dan ubi serta hasil rempah-rempah alam Indonesia Asli. Jadi kamu juga terlibat untuk membangun impian para petani Indonesia.

READ  15 Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Kamu ingin mendukung dunia pertanian indonesia??

Tunjukkan aksimu sekarang juga!!! ??

*Roter

3 thoughts on “Petani. Pekerjaan Mulia Yang Mulai Ditelan Zaman?

  1. Thank you for every other wonderful article. The place else could
    anyone get that kind of info in such a perfect manner of writing?

    I have a presentation subsequent week, and I’m at the search for such information.

  2. Marvelous, what a website it is! This website gives useful facts to
    us, keep it up.

  3. What’s up mates, good article and good urging commented here,
    I am truly enjoying by these.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *